Aksi Donor Darah dalam serangkaian Milad ke-7 KSR PMI UAD

Rabu (11/05/2016), dilaksanakan Aksi Donor Darah (ADD) bertempat di Hall kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Jl. Prof Soepomo S.H Janturan. ADD yang diselenggarakan oleh UKM KSR PMI Unit X UAD Yogyakarta merupakan serangkaian acara dalam memperingati MILAD UKM KSR PMI Unit X UAD Yogyakarta yang ke 7.

ADD yang diselenggarakan oleh UKM KSR ini bertujuan untuk membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan darah. Sesuai dengan tema yang di usung “give a gift of life”, melalui ADD ini diharapkan anggota KSR maupun Civitas akademika memiliki  sikap yang peduli terhadap sesama.

Dalam sambutan yang diberikan oleh pembina teknis UKM KSR UAD Hendy Restiono, mengatakan “Aksi donor darah yang diselenggarakan di setiap kampus dapat membantu PMI maupun instansi kesehatan seperti rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan stok darah”.

ADD yang diselenggrakan oleh UKM KSR PMI UAD menargetkan 30 pendonor (lulus donor darah) dengan jumlah partisipan (pendaftar donor darah) 50 orang. Pada pelaksanaannya ADD yang diselenggarakan oleh UKM KSR PMI UNIT X UAD ini mendapat  64 orang partisipan dengan jumlah pendonor sebanyak 24 pendonor.

Fatimah selaku ketua panitia memaparkan antusias dari civitas akademika UAD sangat banyak “partisipan itu banyak sebenarnya tapi yang lolos hanya 24 kantong (pendonor), tapi itu ngambil darahnya dari pihak UTD (Unit Transfusi Darah) penuh terus dan ga ada jeda” ujarnya.  

 Moh. Ibrahim mahasiswa FTI mengaku merasa senang karena mampu menyumbangkan darahnya walaupun kali pertamanya mengikuti donor darah. “awalnya sih biasa, cuma kalau untuk pertama kali bawaannya mual  tapi untukselanjutnya udah biasa aja“ ungkapnya.

Selain melaksanakan ADD, pada kegiatan tersebut juga dilakukan aksi sosial dengan menggalang dana untuk membantu ibu – ibu yang membutuhkan. Aksi sosial yang dilakukan dengan tema “seribu senyum buat bunda” ini bertujuan meringankan beban bagi bunda – bunda yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Aksi sosial ini dilakukan dengan berkeliling di area kampus 3 UAD. Selain untuk meggalang dana, kegiatan keliling kelas ini juga untuk menarik partisipan untuk mengikuti kegiatan ADD yang dilaksanakan.


Silahkan masukkan komentar anda